Gaun Pesta Wanita

Undangan pesta merupakan satu moment yang terkadang menjadi satu hal yang sangat ditunggu-tunggu. Tempat bagi kita untuk bersosialisasi, tempat untuk dapat ber-say hallo kembali kepada teman-teman yang telah lama tidak berjumpa, bahkan dapat menjadi tempat untuk menghilangkan rasa penat sesaat dari rutinitas sehari-hari. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah sulit dan bingungnya kita dalam mencari dan menyesuaikan gaun pesta wanita yang cocok untuk acara yang akan diadakan.

gaun pesta wanita


Mengapa selalu menjadi masalah bagi kita kaum wanita pada saat akan menghadiri suatu acara yang semi formal maupun yang formal. Terkadang beberapa hari bahkan beberapa minggu sebelum acara berlangsung kita sudah sibuk mencari kira-kira gaun pesta apa yang bagus, yang indah, yang spektakuler, yang sedang menjadi trend dan yang pasti tidak ada kembarannya dan dapat menjadi pusat perhatian pada acara nantinya.
Dari membuka lemari pakaian berharap menemukan gaun yang masih layak dipakai, bahkan memadupadankan dengan busana lainnya agar menjadi tampilan yang baru kembali. Bila kita merasa gaun yang ada telah terlalu sering dipakai sehingga kita berkeinginan memakai gaun yang baru dan yang sedang in saat ini banyak hal-hal lain yang dapat kita lakukan.

Untuk yang memiliki buget terbatas selain mencoba memadupadankan busana yang sudah ada dan menambahkannya dengan beberapa aksesoris yang sesuai, juga dapat mencoba menyewa gaun pesta dari jasa penyewaan gaun pesta wanita yang sudah banyak sekali menjamur saat ini. Bahkan mencari mode-mode pakaian di majalah yang sesuai dengan selera Anda dan yang sedang trend dan dapat menjahitkannya kepada tukang jahit langganan Anda.

Atau untuk yang memiliki dana lebih mungkin akan memilih untuk membeli gaun yang mewah yang ada di butik-butik ternama bahkan menjahitkannya ke perancang busana ternama dengan bahan yang pasti sangat berkualitas pula.

Mengapa wanita banyak yang lebih memilih gaun pesta yang memiliki tampilan busana panjang untuk pakaiannya dalam acara-acara formal maupun non formal?
Tidak dipungkiri bahwa wanita merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki keindahan. Dengan mengenakan gaun yang panjang, seorang wanita akan keluar aura “kewanitaannya” dan akan semakin terlihat sisi feminim serta tampil lebih cantik.

Tidak semua busana pesta yang dipakai oleh seorang wanita pada suatu acara selalu berupa gaun pesta yang panjang. Bagi Anda wanita pemakai hijab, saat ini sudah sangat banyak sekali pakaian-pakaian pesta bagi wanita berjihab yang sangat trendi. Bahkan untuk beberapa wanita Indonesia akan lebih terlihat cantik dan memiliki aura tersendiri saat mengenakan busana tradisonal Indonesia, yaitu kebaya.

Banyak macam dan jenis untuk gaun pesta wanita saat ini. Gaun pesta Internasional sendiri untuk acara yang formal pada musim semi disebut sundress, gaun non formal seringkali disebut sebagai gaun malam atau gaun koktail. Busana atau gaun pesta ini memiliki kode etik tersendiri tergantung jenis acara yang dihadiri. Biasanya hal ini dapat dibedakan dari panjangnya ukuran gaun pesta.

Gaun pesta pun memiliki banyak mode, namun yang tetap lekang dan menjadi mode klasik ataupun mode yang abadi adalah gaun pesta panjang dengan mode bahu terbuka atau bertali kecil. Warna gaun yang selalu dipakai dan tidak pernah mati dimakan waktu adalah warna hitam. Namun saat ini gaun pesta tidak dominan dengan busana yang panjang, di berbagai belahan dunia sudah banyak wanita yang mengenakan gaun pesta mini atau panjang gaun di atas lutut.

Tampilan pemakai gaun pesta dapat di lengkapi dengan aksesoris lain, seperti; kalung, anting, gelang, syal, tas, bahkan sepatu. Usahakan antara busana serta aksesoris yang dipakai tidak bertabrakan sehingga dapat menghindari kesan terlalu berlebihan.

Jangan takut untuk para wanita Muslim, karena saat ini gaun pesta untuk para wanita berhijab juga ada. Gaun ini lebih sering disebut sebagai busana muslim atau baju gamis. Dahulu busana muslim atau gamis terkesan kaku, namun saat ini mulai berubah seiring masa dan trend busana yang ada. Saat ini banyak sekali kita lihat pada suatu acara para wanita muslimah mengenakan busana muslimnya lebih modis dan dengan beraneka gaya. Bahkan dipermanis dengan penggunaan hijab yang telah bervariasi sehingga dapat tampil elegan.

Namun perlu diingat terutama untuk wanita yang berhijab, untuk lebih berhati-hati menggunakan busana muslim dalam suatu pesta. Tetap harus memerhatikan norma-norma berbusana muslim yang benar serta sesuai syariat Islam. Tetap harus menutup semua aurat kecuali telapak tangan dan wajah, serta bahan pakaian tidak tipis dan ketat.

Saat ini untuk suatu acara yang formal maupun non formal sering kali kita melihat banyak wanita yang mengenakan kebaya sebagai busana pestanya. Kebaya saat ini telah mengalami metamorfosis yang sangat pesat. Penggabungan antara unsur budaya tradisional dengan perkembangan mode modern serta trend terbaru menjadikan tampilan kebaya lebih menarik serta berwarna.

Unsur klasik tetap diutamakan namun dipadukan dengan bahan-bahan busana lainnya bahkan seringkali dihiasi dengan bebatuan yang indah dan dengan tambahan renda-renda yang mahal. Keunikan tersendiri dari kebaya adalah dapat memiliki gradasi warna yang sangat banyak dan kontras sehingga dapat membuat aura wajah pemakainya ikut menjadi lebih cerah.

Selain kebaya, para perancang Indonesia yang berbakat telah banyak menggunakan batik sebagai bahan busana pada gaun pesta mereka. Bahkan mereka berani membuat batik dengan motif karya mereka sendiri. Salah satu perancang busana di Indonesia yang sangat identik dengan batik adalah Ramli.

Kita sebagai bangsa Indonesia boleh berbangga diri karena busana kebaya dan gaun batik telah banyak digunakan oleh para pesohor dunia. Mereka banyak mengagumi detail-detail pada busana tersebut bahkan pada motif batik yang banyak menceritakan tentang kekayaan Indonesia.

Pada masa kehamilan, saya sempat bingung untuk menghadiri suatu acara pesta. Bagaimana memilih serta mengenakan busana pesta yang pantas, nyaman serta aman untuk kandungan saya. Yang tidak kalah penting, pemilihan sepatu yang tepat sebagai penopang tubuh yang dalam kondisi hamil besar.

Berikut ini tips bagi wanita hamil yang tetap ingin tampil cantik pada acara pesta:


  • Yang harus diperhatikan adalah jenis bahan baju, sebaiknya gunakan busana dengan bahan yang terbuat dari siffon atau kaos. Untuk wanita hamil yang berbadan besar sebaiknya menggunakan gaun yang detailnya tidak rumit serta berwarna hitam atau warna-warna gelap lainnya agar tampilan badan dapat tersamar. Usahakan penggunaan aksesoris seminimalis mungkin.
  • Sedangkan untuk wanita hamil yang berbadan kecil berbahagialah, karena apapun warna yang Anda pakai tidak akan menjadi masalah. Permanis pula tampilan dengan aksesoris atau syal.
  • Hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan sepatu. Berhati-hatilah karena bila Anda salah pilih akan dapat mengganggu kesehatan kandungan. Hindarilah sepatu tinggi dengan hak kecil (high heel) usahakan menggunakan sepatu hak tebal atau yang lebih baik lagi adalah menggunakan sepatu flat.
  • Selain itu perhatikan tatanan rambut, usahakan tidak perlu terlalu berlebihan namun rapi dan nyaman. Sehingga walaupun dalam keadaan hamil tetap dapat terlihat segar dan cantik.

Dapat kita tarik kesimpulan dari semua hal di atas.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih gaun pesta;

  • Pastikan saat Anda akan menghadiri suatu pesta, Anda telah tahu konsep yang jelas dari pesta tersebut baik konsepnya formal maupun non formal. Hal ini dapat menghindari Anda dari salah memilih gaun pesta.
  • Yang utama, Anda harus tahu akan kelebihan dan kekurangan dari bentuk badan Anda. Jangan pernah memaksakan memakai busana yang tidak sesuai dengan bentuk serta tinggi badan, karena hal ini akan membuat Anda terlihat aneh.
  • Tidak selamanya penggunaan gaun pesta harus disertakan dengan penggunaan aksesoris kalung, anting bahkan gelang. Yang utama penunjang gaun pesta adalah sepatu dan tas yang sebisa mungkin dicocokkan dengan format tampilan gaun itu sendiri.
  • Perhatikan pula pemilihan bahan, usahakan sesuai dengan kondisi badan Anda. Serta gunakannya bahan yang dapat membuat Anda nyaman dalam memakainya. Jangan lupa warna gaun pesta harus diperhatikan pula.
  • Rawatlah gaun pesta Anda dengan baik agar dapat dipakai di kemudian hari serta tidak rusak.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merawat gaun pesta;


  • Jangan pernah mencuci gaun pesta menggunakan mesin cuci. Bila terpaksa mencuci sendiri, cucilah dengan menggunakan tangan tanpa menggunakan sabun atau dapat menggunakan detergen yang lembut atau sabun mandi cair.
  • Jangan pernah memeras gaun pesta yang telah dicuci dengan keras, karena akan merusak kelenturan bahan serta membuat kusut bahan (ada beberapa bahan yang sulit rapi saat disetrika).
  • Jemurlah gaun yang telah dicuci dengan cara dijemur menggunakan gantungan baju. Hal ini dapat menghindari gaun menjadi rusak.
  • Usahakan panas matahari tidak langsung mengenai gaun karena dapat membuat warna gaun menjadi pudar.
  • Setelah kering, rapikan dengan menggunakan setrika uap atau setrika biasa dengan panas sedang. Gunakan pengharum dan pelicin pakaian agar gaun lebih rapi.
  • Simpan di dalam lemari pakaian dengan menggunakan gantungan baju serta bungkuslah dengan plastik agar tidak berdebu.
  • Atau bagi Anda yang tidak ingin repot, yang paling mudah dan simple adalah mencuci gaun dengan menggunakan jasa laundry.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaun Pesta Wanita"

Posting Komentar